Kota Langsa dikenal merupakan daerah yang mampu memajukan sektor pariwisata dengan baik, tak heran jika kota kecil ini menjadi destinasi wisata yang mampu menarik wisatawan lokal hingga mancanegara. Tak hanya Hutan Mangrove saja, kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata mempesona seperti Hutan Kota Langsa yang menjadi tujuan favorit liburan keluarga.

Tak lengkap rasanya jika berada di Kota Langsa, tetapi tak berkunjung ke Hutan Kota Langsa. Hutan ini memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang bisa dijumpai wisatawan. Salah satu flora yang paling diburu adalah Bunga Raflesia yang hanya mekar setiap setahun sekali. Tak hanya sebagai tempat wisata saja, hutan juga menjadi paru-paru Kota Langsa yang berperan dalam mengurangi pemanasan global.

Secara geografis, Hutan Kota Langsa berada pada Jalan Perumnas, Desa Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh. Untuk berkunjung ke hutan ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak kurang lebih 6 kilometer yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 20 menit dari pusat Kota Langsa. Terdapat berbagai alternatif kendaraan umum, atau pengunjung bisa juga menggunakan kendaraan pribadi.

Tak hanya dipadati pengunjung dari dalam kota saja, Hutan Kota Langsa juga sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah seperti Aceh Tamiang, Aceh Timur, bahkan juga dari Sumatra Utara. Memang jarak dari Sumatra Utara ke Kota Langsa ini terbilang cukup dekat jika dibandingkan dari Banda Aceh.

hutan kota 1

Pesona Hutan Kota Langsa

Pemerintah setempat berambisi untuk mengembangkan Hutan Kota Langsa tak hanya sebagai tujuan wisata, tetapi juga media edukasi bagi para masyarakat. Di hutan ini terdapat lebih dari 300 jenis tanaman, serta puluhan binatang yang didatangkan dari berbagai daerah di Nusantara. Wisatawan bisa belajar untuk mengenal jenis-jenis tanaman, dan juga lebih dekat dengan hewan.

Hutan Kota Langsa ini tertata dengan cukup rapi, pepohonan hijau tumbuh dengan rimbun serta berhiaskan bunga berwarna-warni. Jenis-jenis pohon yang ditanam di hutan ini antara lain adalah pohon kayu merbau, damar, sawit, jati dan meuranti. Keberadaan pepohonan di hutan ini juga menciptakan suasana yang rindang dan asri, udara segar terbebas dari polusi juga bisa dihirup oleh wisatawan.

Ketika memasuki gerbang pintu masuk Hutan Kota Langsa, wisatawan akan langsung disambut dengan kandang-kandang hewan seperti buaya, rusa, ular, kera, musang, landak dan berbagai jenis burung. Wisatawan bisa memberi makan rusa dengah membeli wortel yang telah dikemas seharga Rp. 2.000. Didampingi dengan orang tuanya, anak-anak kecil sangat senang memberi makan rusa-rusa yang ada di dalam hutan ini.

Didalam tempat wisata ini, terdapat pula sebuah kolam yang sangat disayangkan memiliki air keruh. Dikolam ini juga tersedia wahana permainan anak-anak, seperti sepeda bebek yang bisa disewa untuk berkeliling kolam. Harga sewanya pun terbilang cukup murah, namun airnya yang keruh sedikit merusak pemandangan di hutan, jika airnya jernih pasti hutan ini akan nampak makin mempesona.

Wisatawan juga bisa berkeliling menyusuri hutan yang luasnya mencapai 9 hektar ini. Menikmati udara sejuk, dan pemandangan hijau berupa deretan pepohonan dapat menghilangkan rasa penat usai lelah melakukan aktivitas sehari-hari. Tempat ini memang menjadi objek wisata favorit bagi keluarga saat libur tiba.

Ketika libur panjang, Hutan Kota Langsa ini akan sangat ramai dipadati pengunjung. Pada hari biasa, rata-rata pengunjung mencapai 3000 orang per hari. Pengunjung pun bisa mengalami lonjakan, ketika libur lebaran dan tahun baru. Kebanyakan para wisatawan bersantai menggelar karpet dibawah pohon, sambil menyantap makanan dan bersendau gurau bersama sanak keluarga.

Hutan Kota Langsa3

Fasilitas Hutan Kota Langsa

Fasilitas yang terdapat di Hutan Kota Langsa ini juga terbilang sangat memadai, terdapat fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir yang luas, dan juga tempat sampah. Selain itu, tersedia pula sebuah mushola yang bisa digunakan wisatawan untuk beribadah. Hutan ini juga memiliki pondok-pondok yang dibangun untuk wisatawan yang ingin beristirahat usai lelah mengitari hutan.

Saat berkunjung ke hutan ini, wisatawan tak perlu khawatir akan merasa kelaparan, karena didalam hutan telah banyak ditemui pedagang-pedagang makanan serta warung yang menjajakan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Salah satu yang wajib dicoba adalah singkong gaul beraneka rasa.

Didalam Hutan Kota Langsa ini juga tersedia persewaan karpet yang bisa disewa wisatawan dengan merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 saja. Selain itu, juga terdapat wahana permainan sepeda air yang bisa digunakan para pengunjung untuk berkeliling kolam yang ada dihutan. Terdapat pula wahana permainan outbond yang bisa dijajal oleh para pengunjung.

Berkunjung ke tempat wisata ini, bisa menjadi pilihan yang menarik jika kamu tengah mencari objek wisata untuk berlibur bersama keluarga. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berada di Hutan Kota Langsa.

Menikmati Keindahan Hutan

Jika tengah berada di Kota Langsa, maka sempatkanlah untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Kamu akan dimanjakan dengan sebuah hutan yang tertata rapi, serta terjaga kelestariannya. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam flora yang ditanam dan tumbuh subur, bahkan terdapat juga beberapa jenis tumbuhan yang sudah langka. Kamu bisa juga melihat Bunga Raflesia yang mekar antara bulan November hingga Desember.

Tak hanya itu, di hutan ini juga memiliki berbagai koleksi hewan yang bisa kamu lihat dalam sebuah kebun binatang mini. Terdapat beberapa jenis hewan dari berbagai daerah, seperti rusa, monyet, buaya dan juga bermacam-macam jenis burung. Suasanan yang nyaman, serta udara segar serasa akan menjadi obat yang pas untuk menghilangkan rasa penatmu.

Hunting Foto

Bagi kamu yang hobi memotret, Hutan Kota Langsa bisa juga menjadi tujuan hunting mu berikutnya. Disini terdapat berbagai objek menarik yang bisa kamu bidik dengan kamera, seperti deretan pepohonan hijau, kolam, dan aneka hewan di kebun binatang mini. Banyak pula pengunjung yang tak lupa mengabadikan momen dengan berselfie ria.

Kamu bisa menggunakan berbagai background seperti kolam dan juga deretan rimbunya pepohonan. Selain itu, jembatan didalam hutan juga menjadi spot favorit untuk berfoto. Jika kamu tengah mencari tempat wisata untuk foto prewedding, maka hutan ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Harga Tiket dan Jam Buka Hutan Kota Langsa

Untuk memasuki Hutan Kota Langsa, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 2.000, serta membayar parkir Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 2.000 untuk sepeda motor. Tempat wisata ini dibuka mulai pagi hari hingga menjelang magrib.